Naskah drama my stupid boss

Kisah ini bercerita mengenai kehidupan Diana (Kerani), seorang warga Indonesia yang menetap di Malaysia selama 3 bulan sudah. Kerani ini mempunyai seorang suami yang selalu menafkahinya. Namun, Diana tidak betah diam dirumah terus-terusan. Akhirnya dia memutuskan untuk bekerja di tempat sahabat suaminya. Diana tidak tahu bencana apa yang menunggunya.

ADEGAN 1 (Di kantor)
Si Boss lagi meriksa absen karyawannya.
Bossman              : Shikin! Gimana sih ini? Kok Adrian absen keluar jam 5 gini sih ini? Kok pas banget sih, hah? Seenaknya itu orang. (Shikin hanya diam)
Kamu ngerti apa artinya gak?

Shikin                    : (menggelengkan kepala) Entah.

Bossman              : Loh makanya kalo makan makanan yang bergizi toh Shikin. Jangan roti canai terus tiap hari. Itu artinya sebelum jam 5 dia udah selesai kerja, ngerti ga? Potong gaji! ini juga Azhari ini telat dua menit ini, kenapa sih telat dua menit sih, hah? Kok telat-telat gini sih? Potong loh ya, potong loh. Telat satu menit potong gaji satu jam, dua menit dua jam. Udah gitu aja.
Shikin                    : Maaf saya tak paham apa Boss cakap tadi, yang saya tahu potong gaji. Tadi itu ayat ape?
Bossman              : sush ! berisik. (Pergi, kemudian kembali melihat orang yang tidak dikenal duduk di belakang)
Itu ngapain sih orang minta sumbangan? Kok diterima-terima sih? Kita itu ga terima. Suruh pulang sana!

Kerani                   : Em, pak pak pak, bukan pak. Saya ke sini mau interview.

Bossman              : Interview? Ga ada.
Kerani                   : Saya istrinya Dika pak. Kata suami saya bapak butuh orang.
Bossman              : Masa sih kamu istrinya Dika?
Shikin                    : Iye lah Boss
Bossman              : Yakin?
Shikin                    : Yakin..
Bossman              : Pasti?
Shikin                    : Pasti..
Bossman              : Awas! (menyuruh Shikin minggir) Are you sure? (Sambil memutari Kerani)

Shikin                    : I am..

Bossman              : Saya nanya dia ini lo, kok kamu terus yang jawab sih?
Shikin                    : Iye la Boss, dia ni istri cik Dika.
Bossman              : Sok tahu bener. Emang Dika itu suami kamu apa? Iya? Iya? Iyaa? (Shikin menggeleng)
ADEGAN 2 (Ruangan si Bossman)
Bossman              : Maaf lo ya, ini saya bener-bener lupa ini. Aduh.. . Saya itu kan biasa ketemu orang-orang penting. Ya, bukannya kamu ga penting. Tapi yang saya ingat cuma hal-hal penting aja.
Dulu itu saya ingat lo, Dika itu pernah ngasih liat foto kamu, tapi dulu kamu itu gembrott.. banget. Makanya saya pangling. Yak, sudah paham tugasnya kamu apa? Jadi, kamu akan diposisikan sebagai Kepala Administrasi. (Kerani mengangguk) Kalo di Malaysia itu disebutnya Kepala Kerani. Yaa.. (Kerani hanya mengangguk) Apa coba? Ayo. Ke...  (Boss mendiktekan)

Kerani                   : Ke… (Kerani ikut meniru boss)

Bossman              : Ra...
Kerani                   : Ra…
Bossman              : (Ketawa) Bukan kera loh ya. Ada ni-nya dibelakang loh ya. (Kerani hanya bengong)
Saya ini kalo dipikir-pikir lucu juga saya ini ya. Jadi nanti kamu mengepalai semua karyawan yang ada di sini, bisnis saya ini besar sekali. Ada ekspor impor besi, ada alat berat, ada spare part mobil, bengkel mobil. Banyak, semuanya ada di sini. Di Indonesia ada, di Singapura ada. (Kerani diam lalu mengangguk)
Kok diem? Mesti kaget. Kagum ya? Biasa emang kalo orang-orang kagum sama saya. (Sambil ketawa)
Eh, kamu panggil saya Bossman.

Kerani                   : Iya pak, Bossman.

Bossman              : Okey.
Kerani                   : Oke (Berdiri mau menniggalkan ruangan)
Bossman              : Eh, eh mau kemana? Buru-buru amat sih. Tunggu dulu dongg..
Si bossman lanjut ngoceh tanpa henti-hentinya, sampai akhirnya..
Bossman              : Kamu ada lagi ga sih yang mau diomongin? Ini kalo ga ada saya sibuk sekali loh ini. Kalo bisa sekarang kamu pulang besok masuk (Kerani kaget)
Sebenernya suaminya Diana ini ngelarang dia kerja di tempat sahabatnya, karena takut kalo terjadi sesuatu nanti hubungan antara suaminya Diana dan si Bossman jadi ga enak.
ADEGAN 3 (Di rumah Kerani)
Dika                       : Kamu kenapa? (melihat kerani yang mondar-mandir di depannya)
Kerani                   : Temen kamu itu agak gila ya?
Dika                       : Dia emang gitu orang nya.
Kerani                   : Gimana ya? Aneh gitu, agak nyebelin.
Dika                       : Memang begitu dia.
Kerani                   : Udah gitu, kalo ngomong ga dipikirin dulu. Nyerocos terus nyerocos terus.
Dika                       : (Mikir sebentar) Emang gitu orangnya.
Kerani                   : Kamu gimana sih?! Dari tadi ngomongnya itu terus, itu terus.
Dika                       : Ya habis, emang gitu orangnya.
Perasaan Kerani makin ga enak. Dia ngerasa kalo dia itu udah buat keputusan yang salah. Baru sebentar kerja sama si Bossman, Kerani udah bisa tahu kalo si Bossman ini kena penyakit amnesia kronis.
ADEGAN 4 (Di kantor)
Bossman              : Eh, Kerani.
Kerani                   : Iya, pak?
Bossman              : Catet. Catet. Nanti lupa. Ini soal Amir (salah satu karyawan)
Kerani                   : Ini Amir siapa ya, pak?
Bossman              : Amir siapa ya? (memanggil shikin) Eh Shikin, ini Amir siapa ya?
Shikin                    : Kak Amir itu pekerja Bangladesh kite, sekarang dia dah tak de. Dia balik kampung. (Kerani mengangguk)
Bossman              : Iya, yang itu. Ya, tolong..  Apalagi saya mau bilang ini? Kamu ini suka potong pembicaraan saya sih, saya lupa ini gara-gara kamu ini. Oh iya! (memukul meja) Ingat saya. Tolong telepon Amir, kamu ngomongnya baik-baik loh ke dia! Kamu ini judes sih. Ya jadi bilang gini (memperagakan dengan suara lembut)
‘Amir.. kamu bisa ga pulang akhir bulan ini, soalnya lagi banyak kerjaan. Kebetulan Arul lagi sibuk. Gimana? Bisa ya, sebelum akhir bulan balik ya? (Si Boss ngeliatin Kerani, nungguin setelah itu mau ngomong apa)

Kerani                   : Ya mana saya tahu. Saya kan bukan Amir.

Di kantor ini, Kerani ga hanya harus berhadapan sama si Bossman yang ajaib. Tapi juga sama kelakuan karyawan-karyawannya yang aneh.
ADEGAN 5 (Di kantor)
Adrian                   : Dik Shikin, semalam Dik Shikin pergi kemane la? I call you, you tak answer tau.
Shikin                    : Tak kemane, kenape?
Adrian                   : Comelnye, memang kalo jodoh tak kemane. (mengendus) Hm.. minyak wangi baru ye? Tahu abang, mabukk.. hati abang.
Shikin                    : Ape mabuk, mabuk? Haram!
Azhari                   : Mr. Kho, bagi saya la itu kipas. Panas ini.
Mr. Kho                : You can’t, saya ni juga panas la.
Azhari                   : Macam ini saja lah, Mr. Kho bagi itu kipas, saya bagi ini buku. (buku keagamaan)
Mr. Kho                : Boleh lah, sini bagi itu buku (Azhari memberikan bukunya)
(Mr.kho membaca bukunya) Buku ape ni? I don’t understand. Bagi balik saya punya kipas. (Tapi Azhari ga mau kasih kembali, akhirnya mereka berdua bergulat)
ADEGAN 6 (di ruang makan kantor)
Kalo udah jam istirahat, Diruangan sempit mirip kandang ayam inilah para karyawan biasa curhat lebih tepatnya menyalurkan segala sumpah serapah.
Shikin    : kakak, bayangkanlah betapa terseksanya kamii. SENGSARA.
Azhari   : kakak,  kakak kena paham akan bos kita tu, kedekut Ya Allah. Macam nak mati, barangkali kalo bulu ketiak itu tersangkut dekat jari kita ini pun, dia suruhnya kita ganti rugi.
Adrian   : eh eh eh
Azhari   : Astaghfirullahaladzim, saya bukan nak cakap buruk pasal dia. tapi sebab itulah dia kaya. Hari tu, saya datang ke ruangannya, saye tanyakan pada dia mengapa gaji saya kena potong. Kakak, saya basuh apa? kereta pejabat. Kereta kantor dia cakap kan (kerani mengangguk) saya basuh kereta kantor sebab kotor, gaji saya pula yang kene potong. Astaghfirullahaladzim
Shikin    : kalau saya kan, saya lagi tak paham apa dia cakap. Dia cakap macam ALIEN!
Mr.Kho : dia itu memang troublle maker. Itu sebab, saya buat sale saya pergi seorang diri. Tetapi dia tak percaya saya, dia nak ikut juga. Saya dan bagi tahu dia tak boleh masuk ke prime minister office, dia tak ada dengar
Adrian : biar kakak tau dia itu,biar mati kaya,asal jangan mati gaya. Dia itu kalo kita bawa pergi beli barang, memalukan. Bab tawar menawar. Dia tawar harga murah, sampai-sampai penjaga toko itu marah ke dia
Si bossman paling takut kalo istrinya udah masak, karena rasa masakan dari istri si bossman itu amburadul. Kalo si istri udah masak si bossman bakal cari berjuta-juta alasan supaya ga makan masakan istrinya. Seperti kasus berikut
ADEGAN 7 (Di ruangan Bossman)
(Bossman lagi teleponan sama istrinya)
Kasus 1
Istri                        : Halo papi ? ini dinner nya nanti malam jadi ga ya ?
Bossman              : aduh.. anu mami.. gini.. tadi mr. Kho sama azhari kelai mi.. jadi ini papi mau ngurusin mereka mi.. lain kali aja ya mami..
Istri                        : Ooh gitu ya papi.. ga papa deh
Kasus 2
Istri                        : Halo papi ? mami mau kasi tahu, kalo hari ini mami masak. Jadi papi ga usah makan diluar ya..
Bossman              : ehm.. gini mami.. itu, anu.. tadi kerani kerjanya ga becus mi, jadi papi masih ada kerjaan ini. Mami makan sendiri aja ya..
Kasus 3
Istri                       : Halo ? Papi?
Bossman              : Iya mami ? kenapa ?
Istri                        : Gini loh Papi, Mami mau nanya. Hari ini jadi kan makan malamnya? Mami udah masak makanan Rusia loh Papi!
Bossman              : (panik) Anu mami, gini lo.. anu.. ehm.. (Melihat Mr. Kho) Mr. Kho ulang tahun, jadi malam ini rencananya mau makan diluar sama anak-anak mami.
Istri                        : Ya bagus dong, Papi. Ya udah, jadi Papi ajak aja para pegawai untuk makan malam di rumah kita, merayakan ulang tahunnya Mr. Kho sambil icip-icip masakan Rusia-nya Mami.
Jadi mau gak mau, karyawan kantor juga kena deh buat nyicipin masakan istrinya si Bossman.
Pernah di suatu hari si Bossman bilang ke Kerani, supaya mengumpulkan karyawan untuk rapat di keesokan harinya. Si Bossman sih bilangnya rapat dimulai jam 9 pagi.
ADEGAN 8 (Di ruang rapat)
Jam 9.05, si Bossman ga nongol- nongol. Jam 10.20 masih belum datang juga. Tiba-tiba jam 11.00 dia datang.
Bossman              : Selamat pagi semuanya! Apa kabarnya? Ya, nggak usah dijawab ya, pasti semuanya baik-baik saya yakin. Kelamaan nanti kalo jawab satu-satu ya? Oke! (Sambil mukul meja) Jadi, maksud dan tujuan saya mengumpulkan kalian pagi hari ini adalah, saya memberitahukan sesuatu yang sangat penting.
Mr. Kho                : Ya-lah... If you speak Bahasa Indonesia, only you and Kerani understands. We don’t understand! Berapa kali saya harus bagi tau you. Kami tak paham apa yang you kata...
Bossman              : Sst! Sudah, sudah. Berisik! Tau bising gak sih? You pikir I tak bisa speak english apa? Eh, 13 tahun loh saya di amerika loh ya! Inget loh itu! Oke! (Mukul meja lagi) Jadi, I.. want.. to buy.. a new.. factory, BIG! Factory..
Azhari                   : Kite nak pindah ke kilang baru kah bos?
Bossman              : YES! Marvelous!
Shikin                    : Kamane?
Semua karyawan menunggu jawaban dengan antusias.
Bossman              : Not yet no.
Mr. Kho                : You don’t know where the factory is?
Bossman              : Ya belum Mr. Kho! Ini juga baru mimpi.
Adrian                   : Jadi, bos ini panggil kite untuk rapat, dimane bos datang 3 jam terlambat cume nak cakap pasal mimpi bos...
Bossman              : Kamu ini kenapa sih sama saya? Kok sentimen bener sih? Kayak ada masalah gitu loh? Memangnya ada yang salah sama mimpi ya?! Ada?! Orang mimpi, mimpi saya kok. Masalah bener sih? Lah ini, makanya kalian-kalian ini gak ada yang kaya kayak saya. Mimpi aja gak berani, gimana mau kaya? Maju aja susah. Yaudah rapatnya sekian. (si Bossman meninggalkan ruangan)
Kerani                   : Ini meeting macam apa sih?!

Bossman itu bakal ngelakuin sesuatu untuk kantor asal gak ngeluarin duit. Kalau para karyawan punya sesuatu yang baik buat perusahaan, si Bossman bakal mencurigai niat baik para karyawan, karena moto nya si Bossman adalah Mencurigai semua orang atau Trust No One. Seperti kejadian berikut ini.
ADEGAN 9 (Di kantor)
Azhari                   : Ya Rabbi. makin hari makin panas office kite ni.. dah macam microwave lah kurase
Shikin                    : Kak, kakak suru lah bossman beli AC baru. AC office ni dah lapuk
Adrian                   : Betul.. kita orang cakap mana mau boss dengar.. kakak kan ketua kerani kak sini. Kakak cakap lah ke dia, lagipun tak paham lah bahasa ajaib dia
Mr. Kho                 : Panas gini macam mana nak tidurr..
(Mr. Kho kipas-kipas, bossman datang)
Mr. Kho                : AC dah koyak. Kene beli baru.. Ia sudah tue.
Azhari                   : Jangan harap lah, Mr. Kho. Air pun ia tak beli.
Bossman              : Eh.. eh... eh... Gak usah ikut komentar kamu. Siapa suruh komentar? Koyak.. koyak.. koyak opo sih koyak? Rusak maksudnya rusak? Suruh Bedul itu loh benerin!
Mr. Kho                : I don’t understand.
Bossman              : Bedul, Bedul can fix it!
Mr. Kho                : Ini tak boleh diperbaiki, it is too old.
Bossman              : Oh, tua. Setua Mr. Kho ya? Oh iya, iya, iya.
Adrian                   : Bos, apa kata kalo kite nak jimat uang, kita beli yang second hand bos. Ah, saye ada tempat yang special with special price.
Bossman              : Toko punya saudaramu, ya? Kakek? Nenek? Hah? Ipar, ipar?
Adrian                   : Bos ni cakap ape tau, tak paham lah bos.
Bossman              : Oh, jangan-jangan kerjaan sampingan ya? Tempe bener, sih. (sambil berlalu)
ADEGAN 10 (Di rumah Kerani)
Kerani                   : Temen kamu tu ya, aku yakin gak ada lagi tuh manusia kayak dia. Aku rasa otaknya dia itu cuma segaris persis kayak kumisnya!
Dika                       : Dia emang gitu orangnya.
Kerani                   : You know what? Aku mau bikin bom molotov terus aku mau lempar ke ruangannya dia and you, can not stop me!
Dika                       : Aku gak nyoba ngelarang kamu, but, honey, aku cuma mau ngomong sama kamu. Duduk dulu. (Diana duduk di sofa)
Dika                       : Good girl, aku tidak mau ikut campur di antara urusan kalian berdua, dia temen baik aku, aku suka kegilaannya, dia emang gitu orangnya, dan kamu... istri aku. So, aku tidak mau berurusan di antara kalian berdua dan aku tidak sanggup. Jika kamu bisa menghadapi aku, kamu juga bisa menghadapi dia. Easy! Itu aja.
Kerani                   : Apaan sih kamu ini ngebelain dia terus? Jadi istri kamu ini aku apa dia?!
Kerani sudah sangat muak dengan sikap si Bossman. Kerani berniat untuk mengundurkan diri. Belum sempat mengutarakan pendapatnya, si Bossman langsung mengajak Kerani pergi.
ADEGAN 11 (Di kantor)
Bossman              : Eh, Kerani.
Kerani                   : Saya mau bicara, pak.
Bossman              : Pas! Saya juga mau bicara sama kamu. Ayo ikut saya dulu.
(Di panti asuhan)
Bossman              : Ini, coba kamu cari pengurusnya.
Kerani                   : Pengurus apa? Ini rumah siapa?
Bossman              : Ini panti asuhan, masa gak tau sih, gak baca apa kamu?
Kerani                   : Mana saya tau pak. Gak ada plang apa-apa disini, mana?
Bossman              : Yakin, kamu gak ada plangnya, yakin?
Kerani                   : Mana sih? Manaa??
Bossman              : Ya jalan dong, kamu kan bisa jalan. Disitu, disitu.
Kerani                   : Iya pak, iyaa, bentar. Permisi, assalamualaikum, Puan.
Puan                      : Wa’alaikumsalam. Maaf, tuan, puan. Datang kesini ada urusan ape, ya?
Kerani                   : Iya puan, betul kah ini rumah kebajikan?
Puan                      : Iya, betul.
Kerani                   : Kami nak jumpa dengan pengurusnya.
Puan                      : Saye lah pengurusnya.
Kerani                   : Ah, kalau begitu Bos saye nak cakap dengan puan.
Bossman              : Kamu yang ngomong.
Kerani                   : Ngomong apa?
Bossman              : Ngomong apa aja.
Kerani                   : Ya saya gak tau mau ngomong apa.
Bossman              : Jadi begini puan,maksud dan tujuan saya datang kesini itu untuk memperbaiki rumah ini. Soalnya saya liat itu, yang ini harus diperbaiki loh ini. Aduh, gimana sih, coba jelasin loh ini. (menyuruh Kerani)
Kerani                   : Eum, maaf Puan, maksud Boss saye ni, die nak membaiki rumah kebajikan ni, Puan.
Bossman              : Iya. Iya itu maksud saya.
Puan                      : Benarkah ni?
Bossman              : Iya, jadi rencana saya itu mau bangun kamar tidur, lalu kamar mandi, kemudian tempat bermain untuk anak-anak. Selama masa pembangunan anak-anak saya pindahkan ke rumah sewa.
Puan                      : Saya ni bermimpi atau ape?
Bossman              : Oh engga, engga, engga, ini saya serius kok.
Puan                      : Alhamdulillah.. Terima kasih banyak Tuan.Kami senang sangat jikalau Tuan berkenan macam ni. Kami hanya bisa mendoakan tuan agar Tuan mendapat balasan yang sepadan atas kebajikan Tuan ni.
Bossman              : Iya puan, sama-sama.
Puan                      : terima kasih banyak Puan dan Tuan. Saya nak panggil pengurus lain dulu guna cakap masalah pembangunan ni nantinya ye Puan, Tuan. Kejap ye. Sila sila minum (mempersilahkan minum)
Kerani                   : Pak, bapak kenapa?
Bossman              : Ga papa.
Kerani                   : Bohong.
Bossman              : Jadi dulu tuh saya pernah nyasar di daerah sini. Minum kopi, lalu karna saya buru-buru tas laptop saya ketinggalan. Lalu tiba-tiba ada anak yang mengembalikan tas saya dan pada saat saya mau ngasih uang ke anak itu, anak itu menolak. Lalu saya liat dia nuntun anak kecil, buta. Nah sementara dia itu sendirikan, maaf kakinya kurang sempurna, tapi dia masih bisa berbuat baik sama anak ini. Ini dituntun loh ya, teruuss gitu. Nah terus saya ikutin terus kemana, ini anak pergi kemana. Ternyata ke rumah kebajikan ini. Mereka tu kan kekurangannya banyak.. Hidupnya mungkin ga seberuntung saya.. Tapi kok masih bisa berbuat baik. Lah saya yang berkecukupan, masih sehat kok yaa suka.. Susah peduli sama orang lain, ya itu sih yang membuat saya itu merasa.. malu gitu.
Kerani kaget. Ternyata si bossman tidak seperti yang dia pikirkan. Bossman juga punya sisi positifnya, Kerani merasa telah membuat keputusan yang benar dengan bekerja di perusahaan bossman ini. Kerani yakin, seburuk-buruknya orang itu, pasti dia memiliki sisi baik. Kerani merasa dia sudah membuat keputusan yang tepat untuk kerja di perusahaannya si Bossman.
ADEGAN 12 (Di kantor)
(Bossman masuk ke kantor dengan senyum-senyum)
Bossman              : Good morninggg... Semuanyaa.. Matahari pagi ini begitu cerah, liat tuh diluar jendela ya, luar biasa ya. Hari ini adalah hari yang sangat se..pe..si..al.. Ayo coba diingat. Kenapa hari ini spesial. Ada ga yang ingat, hari ini tanggal berapa ya?
Azhari                   : Tau lah boss.
Bossman              : Tanggal berapa?
Mr.Kho                 : Due puluh satu.
Bossman              : Iya betull, ditanggal 21 ini.. adalah hari
Adrian                   : Hari jadi boss la.
Bossman              : Iya, lalu..
Shikin                    : Iye lah macam mana kita nak lupe? Tiap-tiap hari bos ingatkan kite.
Bossman              : Luar biasa memang. Hal-hal seperti ini itu, hal yang sanggup membuat saya berbahagia. Merasa sangat tersentuh gitu loh, kalian semuanya.. Ingat ulang tahun saya. Luar biasa memang. Oke, untuk itu hari ini saya akan TRAKTIR!
(Semua diam kecuali Kerani yang senyum-senyum)
Bossman              : TRAKTIR! (semua masih diam)
Bossman              : FREE LUNCH!
Adrian                   : Yakin?
Bossman              : Yakin dong..
Azhari                   : Pasti boss?
Bossman              : Pasti dong..
Mr.Kho                 : Are you..
Bossman              : Eh udah, nanti ta batalin loh. Mau kan? mau kan? Nah siap siap semuanya.
(Semua pegawai segera mengemas barang-barang kegirangan)
Azhari                   : Inilah rezeki Tuhan.
Mr kho                  : 15 tahun dah saye tunggu momen macam ni.
ADEGAN 13 (Di luar kantor)
Mr Kho                 : Akhirnya die sadar semua pekerjanya ni pekerja bagus.
Shikin                    : Atau mungkin kepalanya terantuk palang besi.
Adrian                   : Rasanya dia menang judi.
Azhari                   : Atau Istri nya dah bomohkan dia.
Kerani                   : Mr. Kho betul lah, kita tak boleh cakap tak baik terhadap dia, manusia bisa berubah kan?
Setelah sekian lama menunggu, Bossman tak kunjung keluar kantor. Mereka pun memutuskan untuk mendatangi bossman di ruangannya.
(Di ruangan Bossman)
Kerani                   : Pak?
Bossman              : Ga ada duit.
Kerani                   : Saya ga minta duit pak.
Bossman              : Jadi mau apa? Mau pinjam duit? Ga ada, ini tanggal tua loh ini.
Kerani                   : Ini kita sebenernya jadi pergi apa engga sih ini?
Bossman              : Apaan sih pergi, pergi, pergi! Loh eh, ini pada ngapain sih kok pada planga-plongo di sini sih. Eh Shikin! Udah bawa tas? Jam berapa ini? Masih jam kantor loh ini. Sana, sana lanjut kerja. Gimana mau kaya, kerja aja males.. Sana, sana! Kok tempe bener sih.
(Semua karyawan memasang muka marah)
Ternyata si Bossman tetaplah seorang Bossman yang menyebalkan.



TAMAT.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama